Pengaruh Promosi Penjualan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cv Bugis Mitra Distribusi (Studi Kasus Agen Area Wajo)
Abstract
Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen pada CV. Bugis Mitra Distribusi di Agen area Wajo, untuk mengetahui pengaruh harga secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen pada CV. Bugis Mitra Distrribusi Agen area Wajo, untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan dan harga terhadap keputusan pembelian secara imultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah konsumen bugis payment yang aktif melakukan penambahan saldo pada tahun 2023 di area wajo, jumlah sampel pada penelitian ini adalah 50 responden. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh (total sampling). Pengujian yang digunakan adalah uji validitas, uji rebilitas, uji regresi linear berganda, uji asumsi kelasik adalah uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas dan uji hipotesis yaitu uji t dan uji f dengan menggunakan program SPSS versi 25, dan waktu penelitian ini dilaksakan mulai bulan Juni-Agustus 2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi penjualan memiliki pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 0,467 dan nilai Sig 0,000. Harga juga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 0,463 dan nilai Sig 0,000. Secara simultan, kedua variabel independen ini berpengaruh terhadap keputusan pembelian , dengan nilai F- hitung 105,353 dan nilai Sig 0,000.