Analisis Segmentasi Dan Positioning Usaha Mikro (Studi Kasus Usaha Warung Bakso Mas Udin Di Kota Palopo)

Authors

  • husna STIE Makassar Maju
  • Sultan STIE Makassar Maju
  • yusdiman STIE Makassar Maju

Abstract

Segmentasi adalah proses membagi pasar audiens dalam konteks ini ke dalam kelompok yang berbeda berdasarkan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda di mana pengelompokan tersebut didasarkan pada kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang serupa. Tujuannya adalah agar pelaku usaha dapat memproduksi barang yang benar-benar mereka butuhkan. Positioning adalah proses merancang suatu produk untuk memberikan kesan tertentu kepada pelanggan sehingga mereka dapat memahami keunggulan produk tersebut Tujuan dari positioning untuk mencapai posisi pasar yang diinginkan. Proses merancang produk atau bauran pemasaran untuk mencapai lokasi tertentu di benak konsumen disebut sebagai positioning. Usaha mikro adalah bisnis berkembang yang dijalangkan oleh individu atau badan usaha yang di atur secara hukum. Tujuan usaha mikro adalah untuk mendongkrak daya beli masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data-data yang diperoleh dari hasil wawancara merupakan data dari sumber terpercaya yaitu dari pemilik warung bakso dan konsumen warung bakso. Penelitian ini menghasilkan tentang bagaimana menganalisis segmentasi dan positioning usaha mikro pada usaha warung bakso.

Downloads

Published

2024-08-01