Pengaruh Pemasaran Konvensional Di Era Pasar Modern Terhadap Peningkatan Penjualan Industri Kreatif Sub Sektor Kuliner Di Kota Palopo
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pemasaran konvensional di era pasar modern terhadap peningkatan penjualan industri kreatif sub sektor kuliner di kota Palopo. Populasi atau subjek penelitian ini adalah semua pelaku industri kreatif Sub Sektor kuliner di Kota Palopo sebanyak 120 orang menggunakan rumus slovin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk kuesioner data dalam pengukuran yang berbentuk skala likert. Dengan mengujinya menggunakan bantuan SPSS. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator pemasaran konvensional di era pasar modern : Harga berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan penjualan, Produk berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan penjualan, Tempat tidak berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan penjualan, dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan penjualan.