Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Chalodo Sibali Resoe Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, 2) harga terhadap kepuasan pelanggan, 3) pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Chalodo Sibali Resoe Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara
Populasi penelitian ini adalah pelanggan PT. Chalodo Sibali Resoe Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang dengan menggunakan rumus roscoe. Teknik penentuan sampling dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode sampling aksidental. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25. Teknik pengujian data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasikdan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian ini berdasarkan uji t didapatkan 0,000 < 0,05 pada variabel kualitas pelayanan (X1) dan 0,000 < 0,05 pada variabel harga (X2), yang berarti bahwa kualitas pelayanan dan harga secara individual berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Chalodo Sibali Resoe Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Berdasarkan hasil uji F didapatkan 0,000 < 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Chalodo Sibali Resoe Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara.